LAPORAN ANALISIS
USAHA
KOPERASI
TARUNA MELATI
SMK MUHAMMADIYAH 2 PEKANBARU
Disusun oleh :
Sopian : 1405119956
Dosen Pembina
Dr.
Sumarno, M.pd .,
KELAS : KOPERASI 5
PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN EKONOMI
FAKULTAS KEGURUAN DAN
ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS RIAU
2016
KATA PENGANTAR
Syukur
alhamdulillah atas kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan karunia dan
rahmatnya sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisanlaporan kegiatan praktek koperasi, koperasi Taruna Melati SMK Muhammadiyah 2 pekanbaru.
Penulis
menyadari bahwa penyusunan Laporan
ini tidak dapat terlaksana tanpa bantuan dari berbagai pihak. Pada kesempatan
kali ini,penulis ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dosen Pembina Dr.
Sumarno, M.pd ., MSi selaku dosen mata kuliah Studi kelayakan usaha.
Penulis menyadari bahwa masih
terdapat banyak kekurangan dan kekhilafan dalam penyusunan laporan ini. Kritik dan Saran yang
membangun selalu diharapkan untuk menunjang kesempurnaan Laporan ini.Akhir kata,semoga laporan ini dapat memberikan
manfaat bagi pihak-pihak yang membutuhkan.
Pekanbaru,05 Desember 2016
Penulis
A.
LATAR
BELAKANG
Koperasi adalah badan
usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan
melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan
ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi bertujuan untuk
mensejahterakan anggotanya. Bagi kita Koperasi bukanlah sebuah kata asing di
hidup kita, karena koperasi telah diperkenalkan disekolah dalam mata pelajaran
yang berhubungan dengan ekonomi. Bahkan tanpa disadari semenjak memasuki dunia
sekolah kita telah menjadi anggota dari sebuah koperasi yaitu koperasi sekolah.
Dan koperasi sekolah pada umumnya dikelola oleh guru-guru dan pengurus sekolah.
Keberadaan suatu
koperasi sekolah sangatlah menguntungkan baik bagi siswa maupun pengurus.
Dengan adanya koperasi sekolah sangat mempermudah kita untuk mendapatkan
peralatan sekolah. Karena dalam koperasi tersebut tersedia berbagai macam
peralatan sekolah, seperti: (buku, pensil, pulpen, penghapus, penggaris, dll)
bahkan makanan, minuman pun disediakan. Hal ini dilakukan agar pada saat jam
pelajaran disekolah, siswa/I tidak keluar dari lingkungan sekolah. Kehadiran
koperasi sekolah sangatlah penting, pada umunya tujuan koperasi sekolah adalah
memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya,
serta ikut membangun tata perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan
masyarakat yang adil dan makmur. Sedangkan pembentukkan koperasi sekolah di
kalangan siswa dilaksanakan dalam rangka menunjang pendidikan siswa dan latihan
berkoperasi.
Namun keadaan koperasi
sekolah yang sebenarnya saat ini adalah sangat memprihatinkan. Dimana banyak
sekali koperasi sekolah yang tidak berjalan sesuai dengan fungsinya. Kebanyakan koperasi
saat ini hanya sebatas nama saja, mengatasnamakan koperasi siswa, namun
pengurusnya guru. Atas dasar banyaknya masalah yang terjadi pada
koperasi-koperasi disekolah menjadikan kami tertarik untuk mengamatinya maupun menganalisis usaha koprasi tersebut.
B.
TUJUAN
DAN MANFAAT
Tujuan
Kegiatan analisis usaha koperasi ini
dilaksanakan dengan tujuan untuk lebih mengetahui dan mengamati
kesesuaian aspek-aspek yang terdapat dalam kajian kelayakan usha koprasi tersebut yaitu:
1.
Aspek SumberDaya
Manusia (SDM)
2.
Aspek Teknis\
3.
Aspek Pemasaran
4.
Aspek Produksi
5.
Aspek Manajemen
6.
Aspek Keuangan
7.
Aspek Keuangan
8.
Aspek Kesempatan Kerja
9.
Aspek Lingkungan
10. Aspek Ekonomi, Sosial dan Politik
Manfaat
Manfaat dalam melaksanakan kegiatan
praktek koperasi ini adalah :
1.
Mengetahui perkembangan, pertumbuhan dan kelayakan usaha Koperasi Sekolah SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru
2.
Mengetahui kesesuaian Aspek-Aspek pembangun kelayakan usaha Koperasi baik dibidang Organisasi, Manajemen
Keuangan, Usaha dan Pemasaran.
C.
HASIL DAN PEMBAHASAN
Hasil
dari wawancara koperasi taruna melati SMK Muhammadiyah 2 pekanbaru yaitu:
1.
Analisis Bidang
Organisasi
Hasil temuan :
Koperasitaruna melati SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru berdiri
pada bulan juli tahun1998. Dilatar belakangi oleh Karena
adanya peluang kebutuhan dari siswa/siswi, dan Karena ada berkaitan dengan mata pelajaran di SMK
Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Berkembangnya koperasi siswa mulai dari berdiri
hingga sekarang Karena sistem manajemen nya dilaksanakan dengan baik, dan
koperasi siswa memang berusaha memberikan apa yang dibutuhkan siswa.
Pengawas koperasi adalah Ibu
Nengsih Iriani selaku Pembina Koperasi siswa proses pemilihan pengawas adalah
ditunjuk oleh Kepala Sekolah. Proses seorang siswa menjadi anggota koperasi
adalah secara otomatis setelah menjadi siswa/siswi SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru.
Pengurus
inti koperasi tersebut dipilih Oleh ibu Nengsih Iriani. Masa kerja pengurus
selama1 tahun, 1 kali periode. Pengurus
koperasi memiliki job description dan pelaksanaannya sudah sesuai dengan tugas
dan fungsi masing-masing.
Menurut kami,
Pada bidang Organisasi sebaiknya pemilihan pengurus Inti dilakukan dengan cara
tes,sehingga melihat kemampuan siswa/I yang berkompeten, dan agar tidak terjadi
kecemburuan sosial. Rapat tidak berjalan rutin, sebaiknya hal ini harus
dilakukan rutin sesuai jadwal yang telah ditentukan.
2. Analisis Bidang Manajemen
keuangan
Hasil
temuan :
Koperasi ini memungut
simpanan wajibnya sebesar Rp 15.000,- . Hanya sekali pada saat siswa/I masuk di
SMK MUHAMMADIYAH 2 PEKANBARU. Koperasi Taruna Melati SMK Muhammadiyah 2
Pekanbaru memiliki struktur kepengurusan. Setiap harinya, ketika koperasi siswa
beroperasi, ada petugas piket yang bergantian untuk menjaga usaha koperasi,
mencatat pembukuan barang yang terjual. Pembukuan akhir, akan dilakukan oleh
ibu Nengsih Iriani selaku pengawas dan pembina Koperasi siswa. Biasanya uang sisa hasil usaha, selain untukkoperasi
juga diberikan kepada kaum dhuafa.
Dalam Bidang Manajemen Keuangan Sebaiknya siswa/i
dilibatkan dalam pembukuan akhir, pembelian barang untuk dijual, pembina hanya
mengawasi dan mengarahkan .
3. Analisis Bidang Usaha Dan
Pemasaran
Hasil
temuan :
Koperasi
Taruna Melati SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru
ini memiliki usaha produksi seperti menjual ATK (Alat Tulis Kantor),
makanan, dan minuman. Perkembangan usaha koperasi SMK Muhammadiyah 2 mengalami
peningkatan dari tahun ketahun dari bidang usaha, hingga penghasilan Usaha.
Penyebab berkembangnya usaha
koperasi adalah selalu berusaha memberikan apa yang dibutuhkan siswa di
sekolah. Rencana untuk mengembangkan usaha yaitu kemungkinan ingin menambah
unit Print an. Cara mencapai usaha tersebut
yaitu jika keuntungan sudah dirasa cukup, maka akan dibelikan print baru.
Karena yang baru dimiliki ialah mesin Fotokopi
Pemasaran dilakukan cukup efektif
dikarenakan siswa/i tidak dianjurkan keluar untuk membeli segala sesuatu
kebutuhan pada saat jam sekolah, sehingga harus berada didalam lingkungan
sekolah. Sehingga Koperasi siswa ini selalu berusaha mengupayakan apa yang
menjadi kebutuhan siswa/i.
Dalam bidang usaha dan pemasaran sudah cukup bagus.
Tinggal melihat peluang apa yang selalu dibutuhkan siswa/i pada saat jam
belajar disekolah.
4. Aspek Sumber Daya Manusia (SDM)
Dalam aspek ini SDM yang
didapati adalah siswa itu sendiri dan pengawas koprasi. Dengan melatih setiap
pengurus koprasi (siswa) maka pengetahuan mengenai sistem dalam koprasi mudah
dipahami dan berkelanjutan dengan generasi-generasi berikutnya.
5. Aspek Teknis
Evaluasi aspek teknis
mempelajari kebutuhan teknis proyek, sperti penentuan kapasitas produk, jenis
teknologi yang digunakan, penggunaan peralatan, dan mesin serta lokasi usaha yang
paling menguntungkan.
Sedangkan Koperasi Taruna Melati SMK Muhammadiyah
2 Pekanbaru ini memiliki usaha produksi
seperti menjual ATK (Alat Tulis Kantor), makanan, dan minuman sehingga jenis teknologi yang digunakan sistem
manual, seperti laporan keuangan dilakukan dengan pencatatan tulis tangan.
6. Aspek Pemasaran
Untuk menganalisis
aspek pemasaran Koperasi Taruna Melati SMK Muhammadiyah 2
Pekanbaru ini cukup datang ketempat usaha tersebut, karna pemasaran
usaha hanya dilakukan di sekolah yakni ditempat koprasi tersebut. Selain siswa
yang berbelanja juga ada masyrakat yang ikut berbelanja karna koprasi tersebut
didirikan ditepi jalan, pintu pertama menghadap kedalam lingkungan sekolah dan
pintu kedua menghadap dijalan. Nah, dengan membentuk 2 pintu koprasi tersebut
menargetkan konsumennya adalah siswa dan masyarakat umum.
7.
Aspek Produksi
Beberapa unsur dari
aspek produksi/operasi yang harus dianalisis adalah:
1)
Lokasi operasi, lokasi Koperasi Taruna Melati
SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru terdapat di tepi jalan sehingga dekat dengan
konsumen (masyrakat).
2)
Volume operasi : dengan demikian volume operasi harus relevan dengan potensi pasar dan prediksi permintaan,
sehingga tidak terjadi kelebihan dan kekurangan kapasitas.
3)
Mesin dan peralatan : tidak mesin dan peralatan yang digunaka untuk berproduksi dalam Koperasi
Taruna Melati SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru karan usahanya berbentuk usaha dagang dimana
koprasi membeli barang di INDO GROSIR dan menjualnya kembali dan tidak
menggunakan bahan baku.
8. Aspek Kemanfaatan
Usaha ini sangat bermanfaat untuk siswa itu sendiri, selain mudah
berbelanja dengan jarak dekat siswa juga dapat belajar mengenai koprasi.
Pengawas koprasi sendiri menjelaskan bahwa sekolah juga ikut mendapat manfaat
dalam usaha koprasi tersebut.
9. Aspek Lingkungan
Karna usaha koprasi tersebut berada disekolah maka siswa dan guru dengan
mudah untuk bebelanja makanan maupun mendpatkan ALK. Sedangkan masyarakat juga
dapat berbelanja di koprasi tersebut.
D.
KESIMPULAN
DAN SARAN
KESIMPULAN
1.
Dari hasil temuan dan wawancara kami, Koperasi ini dari segi hasil selalu
meningkat baik dari bidang usaha, dan hasil keuntungan usaha.
2.
Prosedur Pemilihan Pengurus Inti di tentukan oleh guru pengawas selaku
Pembina Koperasi Taruna Melati SMK Muhammadiyah 2
Pekanbaru .
3.
Pembukuan Akhir dilakukan Oleh Ibu ningsih Iriani guru pengawas selaku
Pembina Koperasi Taruna Melati SMK Muhammadiyah 2
Pekanbaru.
SARAN
1. Menurut kami, Pada bidang Organisasi sebaiknya
pemilihan pengurus Inti dilakukan dengan cara tes,sehingga melihat kemampuan
siswa/I yang berkompeten, dan agar tidak terjadi kecemburuan sosial. Rapat
tidak berjalan rutin, sebaiknya hal ini harus dilakukan rutin sesuai jadwal
yang telah ditentukan.
2. Dalam bidang usaha dan pemasaran sudah cukup
bagus. Tinggal melihat peluang apa yang selalu dibutuhkan siswa/i pada saat
jam belajar disekolah.
3. Dalam Bidang Manajemen Keuangan Sebaiknya siswa/i
dilibatkan dalam pembukuan akhir, pembelian barang untuk dijual, pembina hanya
mengawasi dan mengarahkan .
DAFTAR
BACAAN
LAMPIRAN
:
1.
Pedoman
Wawancara
Instrument
pertanyaan
1. Kapan
berdirinya koperasi siswa tersebut ?
2. Apa
yang melatarbelakangi berdirinya koperasi siswa tersebut ?
3. Bagaimana
proses berdirinya koperasi siswa tersebut ?
4. Bagaimana
perkembangan koperasi siswa dari mulai berdiri sampai sekarang ?
5. Siapa
yang menjadi anggota koperasi siswa tersebut ?
6. Bagaimana
proses siswa menjadi anggota koperasi ?
7. Berapa
besar simpanan pokok dan simpanan wajib yang dipungut ?
8. Bagaimana
cara pembayaran simpanan wajib dan simpanan pokok koperasi ?
9. Apakah
ada simpanan sukarela ?
10. Kalau
ada, bagaimana proses pembayarannya ?
11. Apakah
koperasi melaksanakan rapat anggota ?
12. Kapan
diadakan rapat anggota ?
13. Siapa
saja yang ikut dalam rapat anggota ?
14. Siapa
yang menjadi pengurus koperasi ?
15. Bagaimana
proses pemilihan pengurus koperasi ?
16. Berapa
masa kerja pengurus ?
17. Apakah
pengurus memiliki job description ?
18. Apakah
pelaksanaannya sudah sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing ?
19. Apakah
koperasi melaksanakan rapat pengurus ?
20. Kapan
dilaksanakan rapat pengurus ?
21. Siapa
yang menjadi pengawas koperasi ?
22. Bagaimana
proses pemilihan pengawas koperasi ?
23. Apa
jenis usaha yang dilakukan koperasi ?
24. Bagaimana
sistem pencatatan administrasi keuangan koperasi ?
25. Bagaimana
pengelolaan keuangan koperasi ?
Grand Vacation Rentals in Chicago, IL
BalasHapusGrand Vacation Rentals 거제 출장안마 in Chicago, IL Best Grand Vacation Rentals in Chicago, IL. Find 경주 출장마사지 the best offers and stay updated 안산 출장마사지 on Grand Vacation Rentals 보령 출장샵 in Chicago, IL. 계룡 출장샵